Evaluasi training, evaluasi training Kirkpatrick
×
 Bahasa Indonesia
 How to Evaluate Training Outcomes: Training Evaluation Level 1&2 (Part 2)



Instructed by: Hyacintha Susanti, SE, MM

Tentang Kursus Ini

Apa sih gunanya training? Apa manfaatnya bagi kita? Atau dalam skala yang lebih besar, apa manfaat training bagi perusahaan? Lantas, bagaimana cara kita mengukur manfaat dari training yang sudah dilaksanakan?  Jawabannya adalah evaluasi training.

Evaluasi training dibutuhkan untuk dapat mengukur seberapa besar manfaat yang dapat kita peroleh dari program training yang sudah dilaksanakan. Salah satu metode untuk mengevaluasi training adalah dengan evaluasi training Kirkpatrick. Model evaluasi ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1959 oleh Donald Kirkpatrick, seorang profesor di Universitas Wisconsin, yang membagi evaluasi training menjadi empat level pengukuran. Empat level pengukuran yang dimaksud adalah Reaction (reaksi), Learning (pembelajaran), Behavior (tingkah laku), dan Results (hasil).

Dalam kursus online ini, kita akan mempelajari bagaimana mengukur manfaat training dengan menggunakan model evaluasi Kirkpatrick. Secara khusus, kita akan mempelajari evaluasi training level 1 (mengukur reaksi peserta training) dan level 2 (mengukur tingkat pembelajaran yang didapat oleh peserta training) beserta dengan metode pengukurannya.
 
Ini adalah kursus online bagian kedua (Part 2) yang berjudul How to Evaluate Training Outcomes: Training Need Analysis. Anda disarankan untuk mengikuti bagian pertama terlebih dahulu, sebelum mengikuti bagian kedua ini.

APA PERSYARATAN MENGIKUTI KURSUS INI?

⠀⠀ Telah Mengikuti Kursus Online How to Evaluate Training Outcomes: Training Need Analysis (Part 1)


APA YANG SAYA DAPATKAN DARI KURSUS INI?
  • ⠀⠀⠀Mengetahui jenis-jenis evaluasi pelatihan
  • ⠀⠀⠀Mengukur reaksi peserta training dengan menggunakan evaluasi training level 1
  • ⠀⠀⠀Mengukur seberapa efektif pembelajaran yang diterima oleh peserta training dengan menggunakan evaluasi training level 2
  • ⠀⠀⠀Mengetahui guideline dan tips dalam evaluasi level 1 dan 2
SIAPA YANG MENJADI TARGET AUDIENS KURSUS INI?
  • ⠀⠀⠀Staf
  • ⠀⠀⠀Supervisor
  • ⠀⠀⠀Manajer

Kurikulum

Section 1 : Basic of Training Evaluation
Lecture 1 : Basic of Training Evaluation
00:08:34
: Quiz: Basic of Training Evaluation
Lecture 2 : Artikel: Kirkpatrick Model - Four Levels of Learning Evaluation
Lecture 3 : Video: Training Evaluation & The Connections with Program Objectives
Section 2 : The Relationship between Evaluation and Preparation Before Evaluation
Lecture 1 : The Relationship between Evaluation and Preparation Before Evaluation
00:04:13
Section 3 : Evaluation Level 1
Lecture 1 : Evaluation Level 1
00:07:27
: Quiz: Evaluation Level 1
Lecture 2 : Worksheet: Evaluasi Level 1
Section 4 : Evaluation Level 1 Guideline
Lecture 1 : Evaluation Level 1 Guideline
00:06:01
: Quiz: Evaluation Level 1 Guideline
Section 5 : Evaluation Level 2 Guideline
Lecture 1 : Evaluation Level 2 Guideline
00:05:03
: Quiz: Evaluation Level 2 Guideline
Lecture 2 : Worksheet: Evaluasi Level 2 - Studi Kasus
Lecture 3 : Worksheet: Evaluasi Level 2
Section 6 : Test
: Final Test
Section 7 : Sertifikat Online

Latar Belakang Instruktur

Studilmu Instructor

Hyacintha Susanti, SE, MM

Semasa karirnya di PT Astra International Tbk selama belasan tahun, yang bersangkutan menjalankan peran sebagai internal konsultan, trainer senior dan penanggung jawab program-program pengembangan leadership di Astra Management Development Institute (AMDI) dan Corporate HR Astra. Bersertifikasi sebagai Corporate Coach dari Power Plus Executive Education (Australia), Talent Development International Certification dari SumTotal, Talent Management sertifikasi dari Watson Wyatt dan Executive Program - Leadership Development dari Centre for Creative Leadership (CCL). CCL merupakan satu-satunya yang masuk dalam Top 10 ranking for Executive Education programs di dunia 2002-2014 (Financial Times' annual survey of Executive Education). Kini Susan adalah Chief Learning Officer di Studilmu BusinessGrowth.

Susan adalah Certified Ericson Profesional Coach (berstandart ICF) dan Certified Think on Your Feet. Susan juga adalah certified facilitator program Extraordinary Leader dan Extraordinary Coach dari Zenger Folkman (Zenger Folkman is one of the top 20 training industry of the world 2016). Susan juga certified Master Trainer for WILEY's Everything DiSC®. Dengan latar belakang pendidikan Sarjana ekonomi Atmajaya, Jakarta dan Magister Management (jurusan SDM) dari Universitas Indonesia membuat komprehensif secara keilmuan namun mampu membumi dalam mengintegrasikan keseluruhan upaya pengembangan untuk mencapai hasil terbaik yang berkesinambungan.

Susan juga merupakan penulis buku Excellent Service, Coaching Practices, dan Coaching for Result yang diterbitkan Gramedia. Passionnya sebagai Coach dan People Developer membuatnya senantiasa aktif mencari dan menggali ilmu-ilmu terbaru untuk memperkaya ilmu yang disharingkannya di dalam dunia organisasi dan pendidikan.

REKOMENDASI KURSUS