Membuat Konten dengan Aplikasi Desain bagi Perancang Grafis
×
 Bahasa Indonesia
 Membuat Konten dengan Aplikasi Desain bagi Perancang Grafis



Instructed by: Prakerja Trainers

Tentang Kursus Ini

Kebutuhan akan perancang grafis masih tinggi, namun masih banyak yang kurang pengalaman dan kurang kemampuan teknis. Dan menurut data SAKERNAS, kebanyakan perancang grafis memiliki pendidikan yang rendah (COL 2018). Menurut The Digital Skill Gap Index (DGSI) dari Wiley, peringkat Indonesia masih berada di bawah negara-negara tetangga, yaitu peringkat 11 dari 19 negara Asia Timur dan Pasifik. Selain itu, menurut catatan Kominfo, konten yang bermuatan pelanggaran HKI di tahun 2017 adalah 190, meningkat menjadi 412 di tahun 2018 dan di tahun 2019 tercatat sebanyak 1143 konten. 
 
Oleh sebab itu, pelatihan online ini adalah sebuah kursus yang dirancang untuk memberdayakan Anda dengan keterampilan dan pengetahuan dalam membuat konten yang memukau dan visual menggunakan aplikasi desain serbaguna, Canva. Dalam kursus ini, Anda akan memulai perjalanan kreatif untuk membuka potensi penuh fitur dan fungsionalitas Canva, tanpa memandang pengalaman desain Anda sebelumnya. Baik Anda seorang profesional bisnis yang ingin meningkatkan materi pemasaran Anda atau seorang pencipta konten yang ingin meningkatkan keberadaan online Anda, kursus ini memberikan peta jalan komprehensif untuk memanfaatkan alat Canva untuk menghidupkan ide-ide Anda.
 
Selama pelatihan online ini, peserta akan menjelajahi dasar-dasar desain grafis, menggali teori warna, dan prinsip tata letak. Dipandu oleh instruktur berpengalaman, Anda akan belajar cara menavigasi antarmuka Canva yang ramah pengguna dan memanfaatkan perpustakaan template, gambar, dan elemen desain yang luas. Mulai dari grafik media sosial dan presentasi hingga poster, setiap modul akan membekali Anda dengan keterampilan yang diperlukan untuk menghasilkan konten yang menarik secara visual sesuai dengan tujuan dan audiens Anda. Sebagai peserta, Anda akan mendapatkan pengalaman langsung melalui latihan praktis dan proyek dunia nyata, memupuk kreativitas dan aplikasi praktis. Tujuan umum dari pelatihan online ini yaitu peserta pelatihan mampu membuat konten menggunakan aplikasi desain dengan menguasai minimal 80 % pada unjuk keterampilan.

APA PERSYARATAN MENGIKUTI KURSUS INI?

⠀⠀ Tidak ada.


APA YANG SAYA DAPATKAN DARI KURSUS INI?
  • ⠀⠀⠀Melakukan penyesuaian dengan sikap dan keterampilan seorang perancang grafis di dunia digital
  • ⠀⠀⠀Merancang karya sesuai dasar-dasar desain
  • ⠀⠀⠀Menggunakan aplikasi desain untuk membuat konten sederhana
  • ⠀⠀⠀Membuat konten sosial media menggunakan aplikasi desain
  • ⠀⠀⠀Merancang desain untuk keperluan bisnis menggunakan aplikasi desain
SIAPA YANG MENJADI TARGET AUDIENS KURSUS INI?
  • ⠀⠀⠀Staf
  • ⠀⠀⠀Small Business Owner
  • ⠀⠀⠀Marketing
  • ⠀⠀⠀Perancang Grafis
  • ⠀⠀⠀Tingkat Pendidikan: minimal SD/yang setara

Kurikulum

Section 1 : Literasi untuk Perancang Grafis
Lecture 1 : Absen Awal - Sesi 1
Lecture 2 : Lembar Belajar: Menumbuhkan Sikap Kerja
Lecture 3 : Video: Keterampilan Abad 21
Lecture 4 : Video: Hak Kekayaan Intelektual
Lecture 5 : Artikel: Apa Itu Copy Right?
Lecture 6 : Lembar Belajar: Menganalisa Hak Kekayaan Intelektual
Lecture 7 : Lembar Belajar: Merancang Proses Digital
: Kuis - Sesi 1
Lecture 8 : Evaluasi - Sesi 1
Lecture 9 : Absen Akhir - Sesi 1
Lecture 10 : Tugas Praktik Mandiri - Sesi 1
Section 2 : Pemahaman Dasar-dasar Desain
Lecture 1 : Absen Awal - Sesi 2
Lecture 2 : Lembar Belajar: Elemen-Elemen Desain
Lecture 3 : Lembar Belajar: Prinsip-Prinsip Desain
Lecture 4 : Lembar Belajar: Mengatur Komposisi
: Kuis - Sesi 2
Lecture 5 : Evaluasi Sesi 2
Lecture 6 : Absen Akhir - Sesi 2
Lecture 7 : Tugas Praktik Mandiri - Sesi 2
Section 3 : Pemahaman Dasar-dasar Desain
Lecture 1 : Absen Awal - Sesi 3
Lecture 2 : Video: Membuat Design
Lecture 3 : Video: Menggunakan Elmen-Elmen pada Canva
Lecture 4 : Lembar Belajar: Membuat Dokumen Sederhana
: Kuis - Sesi 3
Lecture 5 : Evaluasi Sesi 3
Lecture 6 : Absen Akhir - Sesi 3
Lecture 7 : Tugas Praktik Mandiri - Sesi 3
Section 4 : Menggunakan Aplikasi Desain untuk Membuat Konten Sosial Media
Lecture 1 : Absen Awal - Sesi 4
Lecture 2 : Video: Sosial Media
Lecture 3 : Artikel: Mamfaat Media Sosial
Lecture 4 : Lembar Belajar: Brosur vs Poster
: Kuis - Sesi 4
Lecture 5 : Evaluasi Sesi 4
Lecture 6 : Absen Akhir - Sesi 4
Lecture 7 : Tugas Praktik Mandiri - Sesi 4
Section 5 : Menggunakan Aplikasi Desain untuk Keperluan Pekerjaan (Bisnis)
Lecture 1 : Absen Awal - Sesi 5
Lecture 2 : Video: Desain untuk keperluan bisnis
Lecture 3 : Lembar Belajar: Mengenal Branding
Lecture 4 : Video: Brand kit dengan Canva
: Kuis - Sesi 5
Lecture 5 : Evaluasi Sesi 5
Lecture 6 : Evaluasi Program
Lecture 7 : Absen Akhir - Sesi 5
Section 6 : Final Test
: Final Test

Latar Belakang Instruktur

Studilmu Instructor

Prakerja Trainers

Tenaga Pelatih Prakerja STUDiLMU telah berpengalaman membawakan pelatihan-pelatihan serta materi training selama lebih dari 5 tahun. Setiap Tenaga Pelatih Prakerja STUDiLMU juga merupakan ahli/praktisi dalam bidang yang diajarnya. Dengan metode pembelajaran yang interaktif, Tenaga Pelatih Prakerja STUDiLMU mampu membawakan materi masing-masing topik dengan pembawaan yang ringan untuk dipahami namun tetap efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan program Prakerja. Selama sesi pelatihan berlangsung, Tenaga Pelatih Prakerja STUDiLMU akan didampingi oleh Fasilitator Prakerja STUDiLMU yang akan membantu berjalannya rangkaian pelatihan agar seluruh sesi dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan.

REKOMENDASI KURSUS